Biro Sarpras (Rosarpras) merupakan unsur pengawas dan pembantu pimpinan yang berada di bawah Kapolda yang bertugas menyelenggarakan pembinaan logistik yang meliputi pembinaan materil, fasilitas dan jasa dilingkungan Polda. Dalam rangka pelaksanaan tugas tersebut diatas RoLog Polda mempunyai tugas kewajiban sebagai berikut :

  1. Merumuskan dan menyiapkan kebijakan Kapolda dalam menyelenggarakan pembinaan logistik Polda.
  2. Merumuskan rencana dan program kerja Polda dalam bidang pembinaan logistik Polda.
  3. Mengembangkan, merumuskan dan menyiapkan petunjuk – petunjuk dan prosedur pembinaan logistik Polda yang meliputi pengadaan, penyimpanan, distribusi, pemeliharaan dan penghapusan.
  4. Menyelenggarakan pembinaan logistik tingkat Polda termasuk penelitian, pengujian, Pembekuan dan perencanaan materil serta pembinaan sistem informasi matfasjasa.
  5. Mengadakan koordinasi dan kerjasama dengan badan – badan didalam dan diluar Polda untuk kelancaran pelaksanaan tugasnya.
  6. Mengawasi, mengendalikan dan mengevaluasi segenap kegiatan pembinaan logstik Polri ditingkat Polda.
  7. Mengajukan pertimbangan dan saran kepada Kapolda mengenai hal – hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.

Rosarpras dipimpin oleh Kepala Direktorat Sarana dan Prasarana Polda, disingkat Karo Sarpras yang bertugas berkewajiban :

  1. Mengajukan pertimbangan dan saran kepada pimpinan polda mengenai hal – hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya.
  2. Menjabarkan lebih lanjut kebijakan Kapolda dan pembina fungsi Logistik ditingkat Mabes polri untuk menentukan arah bagi pelaksanaan fungsi logistik dalam penyusunan petunjuk perencanaan program kerja Polda serta sebagai pedoman bagi para pelaksanan pada semua tingkat organisasi dijajaran Polda.
  3. Berdasarkan program kerja Polda dan petunjuk teknis pembina fungsi logistik, menetapkan rencana dan program kegiatan RoLog Polda serta mengarahkan, mengawasi dan mengendalikan pelaksanaannya guna menjamin tercapainya sasaran secara berhasil dan berdaya guna.
  4. Memimpin RoLog Polda sehingga terjamin pelaksanaan fungsi – fungsi sebagaimana tercantum pada point 2 tersebut diatas.
  5. Membina disiplin, tata tertib dan kesadaran hukum dilingkungan RoLog Polda.
  6. Berdasarkan kebijakan Kapolda dan petunjuk teknis pembina fungsi yang bersangkutan, menyelenggarakan pembinaan dan administrasi personel, logistik dan anggaran / keuangan di lingkungan Logistik Polda, serta melakukan upaya untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan operasional organisasi.
  7. Mengadakan koordinasi dan membantu mengawasi serta memberikan pengarahan terhadap pelaksanaan fungsi logistik oleh badan – badan lain dilingkungan Polda sesuai dengan kedudukan serta batas kewenangan dan tanggungjawabnya.

 

Ro Sarpras dipimpin oleh Karo Sarpras yang bertanggung jawab langsung kepada Kapolda, dan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari di bawah kendali Wakapolda. Ro Sarpras terdiri dari:

  1. Sekretaris Direktorat Logistik Polda, disingkat SetRoLog Polda.
  2. Bagian Peralatan, disingkat Bagpal.
  3. Bagian Perbekalan Umum, disingkat Bagbekum.
  4. Bagian Konstruksi dan Bangunan, disingkat Bagkonbang.
  5. Gudang Materiel, disingkat Gudmat.