SATGAS CEGAH POLITIK IDENTITAS SIAP HADAPI PEMILU 2024

By Admin Bid TIK  Rabu, 15 Juni 2022 12:14:14 WIB - dibaca 354 kali

Kepolisian Republik Indonesia menggandeng KPU, Bawaslu, dan Partai Politik (Parpol) dalam satgas untuk mencegah terjadinya gangguan politik bernuansa kebencian berbasis identitas pada Pemilu 2024.

“Untuk mencegah politik identitas dan provokasi maka Polri dan stakeholders terkait bersama dengan KPU, Bawaslu, Parpol kontestasi pemilu bersama-sama menyiapkan satgas-satgas untuk memberikan sosialisasi, edukasi dan literasi kampanye yang bermartabat, menjaga etika, toleransi, moderasi beragama dan menjaga persatuan.” Ujar Kadivhumas Polri Irjen Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. pada hari Selasa, 14 Juni 2022.

Polri juga bakal membentuk Focus Grup Discussion (FGD) yang melibatkan masyarakat, hal ini guna menjaga persatuan dan keberagaman agama maupun ras. Selain itu, juga akan mengaktifkan patroli siber bersama, hal itu guna memberikan peringatan kepada orang-orang yang menyebar konten provokatif.

Sebelumnya, Polri siap mengamankan penyelenggaraan dan tahapan Pemilu serentak 2024 dengan Operasi Mantap Brata yang digelar dari tingkat Mabes sampai tingkat Polres jajaran.

Polri akan bekerja sama dengan stakeholder terkait seperti TNI hingga Pemerintah Daerah (Pemda) dalam pengamanan Pemilu, diketahui tahapan awal Pemilu dimulai pada 14 Juni 2022.

'